ada arlingga disini

ada siapa disana?

IBM v Manusia

leave a comment »

IBM Deep Blue

Pada 10 Februari 1996 dunia dikejutkan dengan kabar bahwa ada sebuah mesin yang mampu mengalahkan seorang grandmaster catur dunia. Mesin yang dimaksud adalah sebuah sistem komputer yang kita kenal dengan nama IBM Deep Blue. Pada saat itu IBM Deep Blue mampu memenangi game pertama (dari enam game standar kompetisi catur) atas Garry Kasparov. Meskipun pada lima game berikutnya Garry Kasparov berhasil mengambil alih permainan (menang 3 kali dan 2 kali seri), kemenangan IBM Deep Blue atas Garry Kasparov pada game pertama adalah sebuah pencapaian besar dalam dunia teknologi komputasi.

Seolah tidak puas dengan pertandingan pertama pada 1996 tersebut, IBM Deep Blue kembali menantang Garry Kasparov dalam sebuah pertandingan catur pada bulan Mei 1997. Kali ini hasilnya benar-benar dikuasai oleh IBM Deep Blue. Garry Kasparov, seorang grandmaster catur dunia kala itu dibuat tak berkutik dengan skor 3½-2½ untuk kemenangan IBM Deep Blue. Informasi tentang perjalanan IBM Deep Blue pada 1996 dan 1997 dapat anda simak disini, disana, atau disitu.

IBM Watson

Pasca kemenangan IBM Deep Blue atas Garry Kasparov, IBM seolah mendapat suntikan motivasi untuk kembali mengembangkan mesin yang mampu mengalahkan manusia. Kali ini yang dibidik adalah permainan Jeopardy. Melalui penelitian dan pengembangan kurang lebih empat tahun, pada 16 Februari 2011, dunia kembali dikejutkan dengan hasil akhir dari sebuah permainan Jeopardy yang melibatkan Ken Jennings, Brad Rutter, dan sebuah sistem komputer yang diberi nama Watson.

Watson adalah sistem sistem komputer yang dikembangkan oleh IBM. Melalui tantangan permainan Jeopardy selama tiga hari berturut-turut, Watson berhasil menang telak atas Ken Jennings dan Brad Rutter dengan skor akhir $77,147 untuk Watson, $24,000 dan $21,600 masing-masing untuk Ken Jennings dan Brad Rutter. Untuk diketahui, Ken Jennings dan Brad Rutter menyandang gelar juara dunia Jeopardy pada saat tantangan tersebut dilakukan. Luar biasa !

Jika Anda penasaran bagaimana sebuah sistem komputer dapat memenangkan permainan Jeopardy, berikut ini adalah jejak rekam tiga hari perjalanan IBM Watson saat berhadapan dengan Ken Jennings dan Brad Rutter.

video via TheArcticEcho.

Sebenarnya, sebelum kemunculan Watson, IBM juga telah mengembangkan IBM Blue Gene. Sayang kala itu keberadaan IBM Blue Gene tidak terlalu mendapat sorotan luas karena tidak berhadapan secara langsung dengan manusia dalam sebuah kompetisi. Namun demikian IBM Blue Gene tetap dianggap sebuah pencapaian besar dalam dunia teknologi komputasi karena IBM Blue Gene adalah proyek superkomputer pertama yang dikembangkan dengan target mencapai kecepatan operasi dalam satuan PFLOPS (PetaFLOPS). Informasi tentang IBM Watson bisa disimak disini dan disana.

Advertisements

Written by arlingga

May 2, 2011 at 11:55 pm

ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: