ada arlingga disini

ada siapa disana?

Browser’s Tab v HTML Document Title

leave a comment »

Salah satu hal yang menarik minat saya untuk belajar lebih jauh tentang dunia website adalah JavaScript. Saya masih ingat saat itu, tujuh tahun lalu, ada sebuah halaman website yang menampilkan teks berjalan pada title bar browser yang saya gunakan. Tentu saja menarik, karena saat itu tidak banyak aplikasi yang menampilkan teks berjalan di bagian title bar.

Rasa ingin tahu terus mendorong saya mencari informasi tentang kemungkinan sebuah title bar browser dapat dimodifikasi sesuai dengan keinginan saya. Sampai akhirnya saya mengetahui bahwa itu adalah ulah sekumpulan kode JavaScript. Setelah mencoba beberapa kali, akhirnya saya berhasil menunjukkan pada guru dan teman saya sebuah halaman HTML yang menampilkan nama saya di bagian title bar browser disertai dengan efek JavaScript seolah huruf-hurufnya tersusun secara acak. Ok.. ok.. terima kasih atas applause rekan-rekan ~!@#$%^&*()

Dengan banyaknya informasi yang tersebar di internet disertai dengan semakin baiknya layanan mesin pencari, hampir dapat dipastikan bahwa seorang user akan membuka lebih dari satu halaman website setiap kali user tersebut terhubung dengan internet. Nampaknya fenomena ini dibaca dengan baik oleh pengembang browser. Untuk alasan efisiensi, beberapa browser sudah dilengkapi dengan fitur tabbed-browser yang memungkinkan user untuk membuka lebih dari satu halaman website dalam satu jendela browser. Pada titik ini, satu atau dua tahun lalu, seorang pengembang website masih dapat memberikan hiasan atau efek tulisan pada document title website yang dikembangkan. Tentunya user masih dapat menikmati usaha pengembangan website tersebut. Karena meskipun saat itu teknologi tabbed-browser sudah mulai ada, namun posisi tab-tab browser tersebut masih berada di bawah title bar jendela browser.

Saat ini, kebiasaan developer website untuk memberikan hiasan atau efek tulisan pada judul dokumen harus ditinggalkan. Teknologi tabbed-browser sudah lebih dari alasan efisiensi, kebutuhan ruang baca pada sebuah jendela browser lebih tinggi daripada hasrat pengembang website untuk memperjelas judul dokumen dengan informasi yang cukup panjang apalagi disertai dengan efek tulisan yang bermacam-macam.

Posisi tab-tab pada beberapa browser sudah menutupi title bar browser tersebut, sehingga peran title bar browser akan digantikan oleh tab-tab browser tersebut. Mengingat ukuran tab-tab browser saat ini tidak cukup lebar, maka usaha menambah informasi pada judul dokumen atau judul halaman akan menjadi sia-sia.

Advertisements

Written by arlingga

May 4, 2011 at 11:59 pm

ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: