ada arlingga disini

ada siapa disana?

Infografik

leave a comment »

Sebenarnya ini adalah blogpost yang saya persiapkan untuk diterbitkan pada tanggal 7 Mei. Tapi ternyata listrik berkata lain. You know lah what I mean. Listrik padam jelang tengah malam, aktifitas menulis terhenti, hingga berakhirlah tanggal 7 Mei 2011 tanpa blogpost. Merasa punya hutang #31daysblogging, saya berencana meneruskan tulisan ini keesokan harinya. Setelah mempersiapkan tempat yang asik untuk tidur ternyata ada kejutan kedua. Listrik menyala sesaat setelah tengah malam ! ~!@#$%^&*()

Beberapa bulan terakhir saya suka membaca dan mengamati infografik. Informasi yang disajikan dalam bentuk grafik tampaknya lebih mudah dipahami daripada hanya sebatas angka atau tulisan panjang lebar.

Selintas dari istilahnya, infografik terdiri dari dua komponen utama yang menyusun sebuah infografik. Komponen pertama adalah informasi, komponen kedua adalah grafik. Menyajikan sebuah infografik artinya adalah menyajikan informasi dalam bentuk grafik.

Terlepas dari apapun konten yang disajikan, infografik tetaplah menarik. Tantangan bagi pembuat infografik adalah bagaimana menyajikan data atau informasi yang dimiliki dalam bentuk non-grafik menjadi sebuah grafik. Grafik yang dihasilkan juga tidak sekedar menarik secara desain, tapi juga harus informatif dan mampu menyampaikan informasi yang dikandung grafik tersebut.

Sesuai dugaan saya, tidak mudah untuk membuat sebuah infografik yang menarik sekaligus informatif. Ada banyak pertimbangan untuk menyajikan informasi dalam bentuk grafik. Beberapa pertanyaan akan muncul, misalnya apakah data tersebut dapat disajikan dalam bentuk grafik? grafik seperti apa yang harus saya gunakan untuk menyajikan data tersebut? apakah pembaca dapat menangkap informasi yang saya sampaikan melalui grafik tersebut?

Sebenarnya ada sebuah infografik yang sedang saya persiapkan untuk saya cantumkan di blogpost History of Pocari Sweat Blog Competition. Sampai kalimat ini saya tulis, infografik beserta blogpost untuk kompetisi tersebut masih belum selesai saya buat. Setelah jadi, infografik tersebut akan menjadi infografik pertama yang pernah saya buat.

Tentu saja dibutuhkan banyak latihan untuk dapat membuat sebuah infografik yang informatif sekaligus menarik. Pada level selanjutnya, selain dua kriteria tadi, saya harus dapat membuat infografik dengan cepat pada saat infografik tersebut butuh untuk segera ditampilkan. Omong-omong apakah Anda sudah pernah membuat infografik?

Written by arlingga

May 8, 2011 at 1:27 am

Posted in #31daysblogging

Tagged with ,

ada komentar?

