ada arlingga disini

ada siapa disana?

10 Blogpost Terbaik History of Pocari Sweat Blog Competition

with 2 comments

Jadi ceritanya sejak postingan sebelumnya itu saya mempersiapkan diri untuk beradu kreatifitas dalam History of Pocari Sweat Blog Competition. Tim Pocari Sweat akan memilih 1 orang pemenang dengan blogpost terbaik yang berhak mendapatkan satu buah iPad. Hadiah yang cukup wow menurut saya, sehingga saya juga harus mempersiapkan sebuah karya yang wow.

Syarat ikut kompetisi ini cukup mudah, tuliskan dalam sebuah blogpost tentang apa yang Anda dapatkan setelah menonton film Sejarah Pocari Sweat yang berdurasi sekitar 30 menit. Setiap blogpost yang diikutsertakan dalam kompetisi ini harus meng-embed film yang dimaksud. Ketentuannya adalah satu blogpost terbaik akan mendapatkan sebuah iPad. Tidak terlalu ribet sebenarnya, tapi itu menimbulkan beberapa pertanyaan di kepala saya saat membaca instruksi tersebut.

Beberapa pertanyaan saat itu adalah tentang kriteria penilaian. Apa yang akan dinilai dari blogpost peserta? Full dari kualitas konten? Pake SEO? Jumlah komentar? Or…? Tapi akhirnya itu semua pertanyaan tersebut saya abaikan, saya positif berasumsi bahwa yang akan dinilai adalah kualitas kontennya. Sehingga akhirnya saya memutuskan untuk fokus membuat sebuah konten yang sangat bagus.

Ada banyak pelajaran berharga yang saya dapatkan saat menonton film tersebut. Tapi untuk menuliskannya di blog, kemudian diikutsertakan dalam sebuah kompetisi, dengan bayangan persaingan peserta lain, akan cukup lemah jika kemudian saya hanya mebuat sebuah blogpost yang berisi kesan-kesan saya. Sehingga saya harus going extra miles untuk membuat sebuah blogpost yang berbeda dari peserta lainnya.

Jadi selain mendapatkan pesan dari film tersebut, saya harus menambahkan sesuatu yang kemungkinan tidak semua peserta melakukan hal yang sama. Saya harus membuat sebuah blogpost yang berbeda, itulah kata kuncinya, perbedaan. Lalu, perbedaan apa yang harus saya tampilkan?

Sejenak kemudian tersirat ide untuk menambahkan sebuah infografik dengan data-data yang diambil dari film Sejarah Pocari Sweat tersebut. Saya sepakat dengan ide tersebut, entah kenapa pada saat itu saya merasa cukup pintar untuk mengeluarkan sebuah ide, #eh? Langkah selanjutnya adalah melaksanakan ide tersebut !

Ternyata cukup sulit untuk membuat sebuah infografik seperti yang saya bicarakan sebelumnya. Tapi demi sebuah perbedaan, saya tetap berusaha. Infografik tersebut akan saya selipkan di tengah tulisan saya. Infografik tersebut harus menarik. Infografik tersebut harus memuat isi film. Infografik tersebut harus menjadi pembeda antara blogpost saya dan peserta lainnya. Dan harapan saya dengan adanya perbedaan tersebut, beberapa hari kemudian akan datang sebuah iPad ke rumah saya. =D

***

Dan hari yang ditunggu itupun tiba. 9 Mei 2011 adalah hari pengumuman pemenang lomba blog Sejarah Pocari Sweat ! Hasilnya adalah, blogpost saya yang berjudul Pocari Sweat : Deep to be Different masuk dalam daftar 9 blog terbaik History of Pocari Sweat Blog Competition ! wah selamat !

Pengumuman Pemenang History of Pocari Sweat Blog Competition

Memang iPad tidak jadi dikirimkan ke rumah saya. Tapi saya senang dengan apa yang saya lakukan. Hasilnya pun tidak mengecewakan. Apapun itu saya bersyukur telah menjadi bagian dari History of Pocari Sweat Blog Competition. Terima kasih Pocari Sweat !

Sampai sekarang, saya masih belum tahu bagaimana juri menilai blog saya. Tapi setelah melihat blognya mas Sulaiman, yang jadi juara 1, saya memahami mengapa blog tersebut layak menjadi juara. Saya sudah mencoba going extra miles, tapi hasilnya masih ada peserta lain yang going extra extra miles dari saya.

Ya, saya sudah menambahkan sebuah infografik untuk menjadi berbeda. Ternyata mas Sulaiman lebih berbeda dari saya. Selain menambahkan beberapa infografik, beliau juga menambahkan sebuah video unik dan beberapa gambar menarik dalam blogpostnya ! Luar biasa !

Selamat untuk mas Sulaiman dan blogpostnya. Selamat untuk delapan peserta lainnya yang sudah masuk 9 besar bersama saya. Berikut adalah daftar 10 blogpost terbaik dalam History of Pocari Sweat Blog Competition:

* Muhammad Sulaiman
I’m Proud to be Pocarian
http://thesyahrodist.blogspot.com/2011/05/tubuh-manusia-60-tersusun-dari-air.html

1. Nuna
Aku dan Pocari Sweat tidak terpisahkan!
http://pingping-memory.blogspot.com/2011/05/aku-dan-pocari-sweat-tidak-terpisahkan.html

2. Indri Ayu Lestari
Tanpa Infus, Ambil Pocari Sweat
http://hancurhatiku.blogspot.com/2011/05/tanpa-infus-ambil-pocari-sweat.html

3. Pratita Fajar Kusuma
Belajar dari Pocari Sweat, The Living Legend
http://bobubaca.wordpress.com/2011/05/05/belajar-dari-pocari-sweat-the-living-legend/

4. Rachmad Algani
Sejarah Pocari Sweat (History of Pocari Sweat
http://colourchoval.blogspot.com/2011/04/sejarah-pocari-sweat-history-of-pocari.html

5. Haris Muda
History of Pocari Sweat
http://historypocari.blogspot.com/

6. Fahri Bakhar
http://pocarisweatid.blogspot.com/

7. Dita Firdiana
Hikmah Mempelajari Sejarah
http://di-ta.com/hikmah-mempelajari-sejarah/

8. Arlingga Agung Prasetyo
Pocari Sweat Deep to be Different
https://arlingga.wordpress.com/2011/05/08/pocari-sweat-deep-to-be-different/

9. Tapi Masniari Lubis
Setiap Kesuksesan Pasti ada Usaha. This is it: History of Pocari Sweat!
http://halo-freunde.blogspot.com/2011/05/setiap-kesuksesan-pasti-ada-usaha-this.html

Sumber : http://fb.me/AJWoHxuU

***

update 16 Mei 2011, 10.45 WIB

Paket hadiah untuk saya sudah tiba dengan selamat. Penampakan hadiah bisa dilihat disini. Setelah dicari-cari ternyata memang benar tidak ada iPadnya. #eh

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. hai… selamat yaaaa… blognya masuk 10 besar pilihan juri buat pocari sweat….

    hadiah ku juga udah sampai nih dirumah :lol:

    Like

    fairyteeth

    May 17, 2011 at 11:29 am


ada komentar?

