ada arlingga disini

ada siapa disana?

Mozilla Firefox 4 : Tab Groups

leave a comment »

Beberapa waktu lalu saya sempat membahas kecenderungan pengembang browser untuk memberikan fitur tabbed-browser dengan alasan efisiensi. Salah satu pertimbangannya, daripada harus membuka lebih banyak browser untuk mengakses halaman lainnya, lebih baik membuka banyak tab di dalam satu browser.

Tidak salah memang, tapi ada beberapa hal yang akhirnya harus merelakan tempat sakralnya digeser oleh tab browser, salah satunya adalah space untuk judul dokumen yang umumnya terletak di bagian paling atas jendela aplikasi. Ukuran tab browser yang lebih kecil menyebabkan judul halaman tidak terbaca dengan jelas karena sebagian porsinya harus terpotong.

Selain korban judul diatas, pertimbangan menggunakan fitur tabbed-browser ternyata lebih banyak dirasakan manfaatnya. Beberapa user bahkan membuka lebih banyak tab daripada space tab di jendela browser itu sendiri. Beberapa diantaranya sampai harus melakukan scrolling untuk mencari tab atau halaman yang sudah pernah dibuka.

Jika Anda termasuk golongan user tersebut, tidak ada salahnya jika Anda mengorganisasikan tab-tab tersebut dalam beberapa grup tab bukan? Dengan pertimbangan agar lebih mudah mencari dan mengakses halaman-halaman yang sudah pernah Anda kunjungi.

Mozilla Firefox 4 Tab Groups

Skenarionya kurang lebih seperti gambar diatas, Anda membuka banyak tab saat sedang asyik berselancar di internet. Anda ingin mengelompokkan tab-tab tersebut dalam beberapa grup agar mudah diakses. Browser yang Anda gunakan adalah Mozilla Firefox 4. Caranya adalah :

Klik tombol List All Tab yang ada di sebelah kanan browser Mozilla Firefox 4 Anda. Akan tampil daftar halaman apa saja yang sedang Anda buka. Kemudian klik Tab Groups.

Mozilla Firefox 4 Tab Groups

Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Meskipun Anda belum pernah mengelompokkan tab-tab dalam beberapa grup, secara default Mozilla Firefox 4 akan mengasumsikan Anda membuka semua tab tersebut dalam sebuah grup.

Mozilla Firefox 4 Tab Groups

Untuk membuat sebuah grup baru, Anda dapat menggeser salah satu tab keluar dari grup yang ada. Anda dapat mulai mengelompokkan tab-tab tersebut sesuai dengan topik halaman yang Anda buka. Tab-tab ditampilkan secara thumbnail sehingga memudahkan Anda melihat tab apa saja yang sedang Anda buka dan tab-tab mana saja yang harus Anda kelompokkan.

Mozilla Firefox 4 Tab Groups

Untuk mengelompokkan tab dalam sebuah grup baru, Anda cukup menggeser tab-tab lainnya kemudian letakkan di atas tab lain dalam satu kelompok atau meletakkanya di area grup tab yang Anda inginkan.

Mozilla Firefox 4 Tab Groups

Mozilla Firefox 4 Tab Groups

Anda juga dapat memberikan nama untuk setiap grup tab tersebut. Berikan nama grup tab sesuai dengan topik halaman yang Anda buka dan Anda gunakan sebagai dasar pengelompokan.

Mozilla Firefox 4 Tab Groups

Anda cukup klik salah satu tab jika ingin membuka tab tersebut. Apabila Anda ingin berganti tab yang terdapat pada grup tab lainnya, Anda dapat menekan shortcut Ctrl+Shift+E atau mengakses Tab Groups seperti langkah #1 diatas.

Fitur Tab Groups juga dilengkapi fitur pencarian ! Fitur ini akan memudahkan Anda mencari tab-tab tertentu dari sekian banyak tab yang Anda buka. Untuk melakukan pencarian, klik tombol search di sebelah kanan atas area tab groups. Kemudian masukkan kata kunci tab yang Anda cari.

Mozilla Firefox 4 Tab Groups

Jika Anda merasa informasi diatas masih kurang, Anda dapat melihat petunjuk yang disediakan oleh Mozilla : http://support.mozilla.com/en-US/kb/what-are-tab-groups

Jika Anda adalah tipe orang yang ingin teratur dan rapi dalam banyak, maka fitur Tab Groups ini adalah sebuah solusi. Jikapun Anda tidak termasuk dalam golongan tersebut, Anda dapat memanfaatkan fitur tersebut sebagai media latihan agar menjadi orang yang teratur. Saya masih tidak yakin dengan pernyataan tersebut, tapi ada harapan bahwa keteraturan juga bisa dimulai dari browser, bukan? Semoga bermanfaat.

Advertisements

Written by arlingga

May 11, 2011 at 5:40 am

ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: